Pages

Tips Memproteksi Wifi, Cara Aman Agar Tidak Digunakan Orang Lain

Sunday 4 October 2015
Kesal rasanya jika koneksi internet yang kita gunakan dirumah atau di kantor di gunakan (dimanfaatkan) orang lain, dan akibat nya koneksi internet pun akan terasa sangat lambat.





Ada beberapa Tips memproteksi wifi yang cukup efektif untuk melindungi pemakaian wifi. Hasilnya, kamu akan merasakan semakain cepat nya koneksi internet dan lebih aman. Sehingga kamu tidak perlu lagi menambah kuota internet untuk merasakan koneksi internet yang lebih cepat.
Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Langkah Langkah yang harus kamu lakukan untuk memproteksi wifi:

Langkah pertama.
Buatlah Password Yang aman.
Password adalah “kunci” untuk masuk ke dalam jaringan wifi, Maka buatlah password sesulit mungkin tapi yang mudah untuk kamu ingat. Kamu bisa gunakan kombinasi angka, huruf besar dan kecil dan juga kamu bisa menggunakan tanda baca. Dan yakinkan kalau password yang kamu gunakan sudah cukup aman.

Cara untuk membuat atau mengganti password berbeda beda, tergantung dari Merk device yang kamu gunakan. Kamu bisa mengunjungi situs resmi dari merk device yang kamu gunakan, untuk mencari tahu cara untuk membuat atau mengganti password pada device router “wifi” kamu.

Langkah Kedua.
Ganti Nama SSID Divice
SSID (Service Set IDentifier) adalah nama jaringan nirkabel, kegunaan SSID adalah untuk membedakan WLAN satu dengan yang lain. Jadi, para pengguna dapat mengetahui dan mengakses jaringan nirkabel (wifi) anda dengan memasukkan password (contoh: “Username : user, Password : user”)
Untuk mencegah hal ini, kamu bisa menonaktifkan broadcast SSID router dari halaman pengaturan. Dengan begitu maka orang lain atau perangkat lain nya tidak akan tahu tentang rincian device kamu lagi.

Langkah Ketiga.
MAC Address Filtering.
MAC Addres (Media Access Control Address) Wifi kamu akan lebih aman kalau hanya dapat menerima hubungan yang berasal dari MAC address yang terdaftar pada sistem router dan menolak MAC address yang tidak terdaftar.
Cara untuk mengetahui MAC address di komputer kamu.
1.      Bukalah Command Prompt
2.      Ketik ipconfig/all lalu tekan enter.
Setelah itu kamu bisa melihat no MAC address komputer/laptop kamu, dan masukkan MAC address tersebut ke dalam MAC Address Filtering yang terdapat pada Router.

Langkah Ke Empat.
Aktifkan WI-FI Network Encryption.
Tips memproteksi wifi selanjut nya adalah WI-FI Network Encryption. Untuk bisa mengengkripsi jaringan wifi, masuklah kepengaturan keamanan Router dan pilih mode enkripsi WPA2,WPA atau WEP. Lalu masukkan passphrase yang rumit (kombinasi huruf dan angka) untuk mengakses jaringan.

Langkah Ke Lima.
Kurangi Jangkauan Wifi.
Router yang kamu pakai memiliki batas maksimal jangakauan pancaran sinyal, biasanya antara  50 sampai 300 Meter dan bisa lebih jauh pada ruangan terbuka (tidak terlalu banyak sekat).
 Jadi lebih baik kalau kamu mengatur jarak jangkauan sinyal wifi hanya pada tempat kamu biasa menggunakan komputer, laptop atau gadget yang mendukung wifi.

Semoga tips memproteksi wifi di atas bisa membantu dan selamat berinternetan.