Pages

Cara Membuat Hotspot WiFi Menggunakan Command Prompt

Thursday 24 September 2015
Saat ini konektivitas internet telah menjadi salah satu hal yang paling kita butuhkan. Akan lebih baik jika kita bisa menggunakan koneksi internet cepat di komputer kita. Konsep jaringan Wireless Hosted diperkenalkan pada Windows 7. Dengan menggunakan fitur ini kita dapat dengan mudah membuat hotspot sendiri. untuk melakukan hal ini kita hanya memerlukan CMD (Command Prompt!) Dengan hak Administrator. Dan alangkah lebih baik jika Anda terhubung ke WiFi lain ketika Hosted Jaringan berjalan. Proses ini menjelaskan beberapa perintah yang hanya tersedia di Windows 7 atau Windows 8.

Langkah 1

Tekan "tombol Windows" dan "tombol R" pada waktu yang bersamaan. maka jendela Run akan muncul.

Langkah 2

Ketikan cmd, lalu tekan ok. Maka jendela command prompt akan terbuka.

Langkah 3
Lalu ketik “netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namahotspotanda key=password8huruf “
Anda bisa mengganti tulisan yang berwarna biru dengan nama hotspot yang anda sukai, dan yang berwarna kuning dengan password hotspot (harus berjumlah 8 karakter).

Langkah  4

untuk menghidupkan hotspot anda harus mengetikkan kalimat di bawah ini pada cmd.
netsh wlan start hostednetwork

INFORMASI: Ketik netsh wlan stop hostednetwork di command prompt untuk menghentikan hotspot.
Biasanya saat menyalakan hotspot wifi untuk pertama kali akan muncul no network access, agar menjadi internet access anda harus mengikuti cara di bawah ini.


Agar hotspot wifi mendapatkan koneksi internet

1.       Buka Network and Sharing Center, dengan cara mengklik kanan pada ikon network.
2.       Lalu klik pada koneksi yang memiliki sambungan ke internet.
3.       Klik Properties.
4.       Lalu pindah ke tab Sharing, dan centang Allow other network users to connect through this computer's Internet connection, lalu isi Home networking connection dengan nama koneksi Hotspot yang kita buat tadi. Lalu klik OK.

           Sekarang hotspot sudah dapat dipakai untuk berinternetan. Ini hampir mirip dengan hotspot portabel pada handphone android jaman sekarang. Laptop bisa menjadi pemancar WiFi di rumah tanpa harus membeli router .

Semoga bermanfaat.